DJI Phantom 4 Pro V2.0 merupakan salah satu drone konsumen terbaik yang tersedia di pasaran saat ini. Sebagai penerus dari seri Phantom yang legendaris, drone ini menawarkan berbagai peningkatan signifikan dari pendahulunya. Dengan desain yang lebih aerodinamis dan ringan, DJI Phantom 4 Pro V2.0 menjanjikan performa penerbangan yang lebih stabil dan efisien. Selain itu, drone ini dilengkapi dengan sistem penghindaran rintangan yang telah ditingkatkan, memungkinkan pengguna untuk terbang dengan lebih aman di berbagai kondisi medan. Tidak hanya itu, peningkatan dalam sistem navigasi dan fitur return-to-home yang lebih cerdas menjadikan drone ini semakin handal dan mudah dioperasikan, bahkan untuk pemula.

DJI Phantom 4 Pro V2.0
tokopedia.com

Dalam ulasan mendalam ini, kita akan mengeksplorasi fitur-fitur unggulan, kualitas kamera, sistem penerbangan, dan berbagai aspek lainnya yang membuat DJI Phantom 4 Pro V2.0 menjadi pilihan utama bagi fotografer udara profesional maupun penghobi. Kualitas kamera 20 megapiksel dengan sensor 1 inci memungkinkan pengambilan gambar dan video berkualitas tinggi dengan detail yang menakjubkan. Fitur lain seperti mode penerbangan otomatis, kemampuan live streaming, dan aplikasi kontrol yang user-friendly turut meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, tidak heran jika DJI Phantom 4 Pro V2.0 terus menjadi incaran di kalangan pecinta drone dan fotografer udara yang menginginkan hasil terbaik dari setiap penerbangan mereka.

Desain dan Konstruksi

DJI Phantom 4 Pro V2.0 mempertahankan desain ikonik dari seri Phantom sebelumnya, namun dengan beberapa penyempurnaan. Bodi drone terbuat dari material komposit magnesium yang kuat namun ringan, memberikan keseimbangan sempurna antara durabilitas dan performa terbang. Warna putih klasik tidak hanya memberikan tampilan elegan, tetapi juga membantu visibilitas saat terbang di langit. Dimensi drone ini relatif kompak untuk kelasnya, dengan ukuran 289.5 mm x 289.5 mm x 196 mm (panjang x lebar x tinggi) dan berat lepas landas sekitar 1375 gram. Meskipun tidak sekecil drone lipat seperti seri Mavic, Phantom 4 Pro V2.0 masih cukup portabel untuk dibawa dalam tas khusus yang disediakan.

Salah satu peningkatan utama pada versi V2.0 ini adalah penggunaan baling-baling yang didesain ulang. Baling-baling baru ini tidak hanya meningkatkan efisiensi terbang, tetapi juga mengurangi tingkat kebisingan hingga 60% dibandingkan model sebelumnya. Ini merupakan peningkatan yang signifikan, terutama saat menerbangkan drone di area yang membutuhkan operasi yang lebih senyap. Dengan peningkatan ini, DJI Phantom 4 Pro V2.0 menawarkan pengalaman terbang yang lebih baik dan lebih tenang, menjadikannya pilihan yang sangat menarik bagi pengguna yang menginginkan performa tinggi tanpa mengorbankan kenyamanan dan ketenangan.

Kamera dan Kualitas Gambar

Kamera merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah drone, dan DJI Phantom 4 Pro V2.0 tidak mengecewakan dalam aspek ini. Drone ini dilengkapi dengan kamera 1-inch 20-megapixel yang mampu merekam video 4K pada 60 frame per detik. Sensor yang lebih besar ini menghasilkan kualitas gambar yang jauh lebih baik dibandingkan drone konsumen kebanyakan, terutama dalam hal dynamic range dan performa di kondisi cahaya rendah. Kamera Phantom 4 Pro V2.0 menggunakan lensa dengan bukaan variabel f/2.8-f/11, memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam mengontrol exposure. Ini sangat berguna saat terbang dalam kondisi pencahayaan yang beragam atau saat ingin mencapai efek depth of field tertentu.

Kemampuan untuk merekam video 4K pada 60fps juga memungkinkan pengambilan slow motion yang mulus, menambah nilai produksi untuk konten video profesional. Salah satu fitur unggulan kamera ini adalah kemampuannya untuk merekam video dengan bitrate hingga 100Mbps dalam format H.265. Ini menghasilkan footage dengan detail yang luar biasa dan kompresi yang minimal, ideal untuk produksi video profesional yang membutuhkan kualitas tertinggi. Untuk fotografi, kamera ini mampu menghasilkan gambar RAW 12-bit, memberikan fleksibilitas maksimal dalam post-processing. Sistem gimbal 3-axis yang presisi memastikan bahwa footage tetap stabil bahkan dalam kondisi angin kencang atau manuver agresif, sehingga footage yang dihasilkan sangat mulus dan tidak memerlukan stabilisasi tambahan dalam post-production.

Performa Terbang dan Sistem Propulsi

DJI Phantom 4 Pro V2.0 tidak hanya unggul dalam kualitas gambar, tetapi juga dalam performa terbangnya. Drone ini dilengkapi dengan sistem propulsi yang powerful, mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 72 km/jam dalam mode sport. Meskipun demikian, kontrol yang presisi memungkinkan drone ini untuk terbang dengan stabil bahkan pada kecepatan rendah, ideal untuk pengambilan gambar yang membutuhkan ketelitian.

Waktu terbang Phantom 4 Pro V2.0 juga tergolong impresif, dengan kemampuan bertahan di udara hingga 30 menit dalam kondisi ideal. Ini memberikan waktu yang cukup untuk mengambil gambar atau footage yang dibutuhkan tanpa terlalu sering mengganti baterai. Sistem baterai cerdas juga dilengkapi dengan indikator level daya, memudahkan pilot untuk memantau sisa waktu terbang. Salah satu peningkatan signifikan pada versi V2.0 adalah penggunaan sistem transmisi OcuSync 2.0. Sistem ini menawarkan jangkauan kontrol hingga 8 kilometer (dalam kondisi bebas hambatan) dan kualitas transmisi video yang lebih baik. Latency yang rendah dan stabilitas koneksi yang tinggi memastikan bahwa pilot selalu memiliki kontrol penuh atas drone, bahkan pada jarak yang jauh.

Sistem Navigasi dan Penghindaran Rintangan

DJI Phantom 4 Pro V2.0 dilengkapi dengan sistem navigasi dan sistem penghindaran rintangan yang canggih. Drone ini menggunakan enam sensor penghindaran rintangan yang ditempatkan di bagian depan, belakang, dan bawah drone. Sensor-sensor ini memungkinkan Phantom 4 Pro V2.0 untuk mendeteksi dan menghindari rintangan secara otomatis, memberikan tingkat keamanan yang tinggi saat terbang di lingkungan yang kompleks.

Sistem penghindaran rintangan ini tidak hanya berfungsi saat terbang maju atau mundur, tetapi juga saat melakukan gerakan lateral. Ini sangat berguna saat melakukan pengambilan gambar yang kompleks atau terbang di area yang padat. Kombinasi antara sensor visual dan inframerah memastikan bahwa sistem ini dapat berfungsi dalam berbagai kondisi pencahayaan, termasuk saat cahaya rendah.
Selain itu, Phantom 4 Pro V2.0 juga dilengkapi dengan sistem positioning yang akurat menggunakan GPS dan GLONASS. Ini memungkinkan drone untuk mempertahankan posisinya dengan stabil bahkan saat terbang di luar ruangan tanpa sinyal GPS yang kuat. Fitur Return to Home (RTH) yang cerdas juga memastikan bahwa drone dapat kembali ke titik lepas landas secara otomatis jika baterai hampir habis atau koneksi terputus.

Mode Penerbangan Cerdas

Salah satu keunggulan utama DJI Phantom 4 Pro V2.0 adalah beragam mode penerbangan cerdas yang ditawarkannya. Mode-mode ini memungkinkan bahkan pilot pemula untuk menghasilkan footage yang terlihat profesional. Beberapa mode penerbangan cerdas yang patut dicatat antara lain:

1. ActiveTrack: Mode ini memungkinkan drone untuk mengikuti dan mempertahankan subjek dalam frame secara otomatis. Ini sangat berguna untuk merekam adegan olahraga atau kegiatan outdoor lainnya.

2. TapFly: Dengan mode ini, pilot cukup mengetuk titik tujuan di layar controller, dan drone akan terbang ke arah tersebut secara otomatis sambil menghindari rintangan.

3. Draw: Pilot dapat menggambar jalur penerbangan di layar controller, dan drone akan mengikuti jalur tersebut sambil mempertahankan ketinggian yang konstan.

4. Gesture Mode: Memungkinkan pengguna untuk mengontrol drone dan mengambil foto atau video hanya dengan menggunakan gerakan tangan.

5. Tripod Mode: Mode ini menurunkan kecepatan maksimum drone dan meningkatkan presisi kontrol, ideal untuk pengambilan gambar yang membutuhkan ketelitian tinggi.

6. Terrain Follow: Drone akan mempertahankan ketinggian yang konsisten di atas permukaan tanah, bahkan di area dengan kontur yang berubah-ubah.

Mode-mode penerbangan cerdas ini tidak hanya memudahkan pilot dalam mengoperasikan drone, tetapi juga membuka kemungkinan kreatif yang lebih luas dalam pengambilan gambar udara.

Controller dan Aplikasi

DJI Phantom 4 Pro V2.0 hadir dengan controller yang ergonomis dan kaya fitur. Controller ini dilengkapi dengan layar built-in berukuran 5.5 inch dengan kecerahan 1000 cd/m², memastikan visibilitas yang baik bahkan dalam kondisi cahaya terang di luar ruangan. Layar built-in ini menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan smartphone terpisah sebagai display, meningkatkan kenyamanan dan keandalan operasional.

Controller ini juga dilengkapi dengan berbagai tombol shortcut untuk fungsi-fungsi penting seperti return to home, pengambilan foto/video, dan penyesuaian pengaturan kamera. Joystick yang responsif memberikan kontrol yang presisi atas pergerakan drone.
Aplikasi DJI GO 4 yang digunakan untuk mengontrol Phantom 4 Pro V2.0 menawarkan antarmuka yang intuitif dan kaya fitur. Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan pilot untuk mengontrol drone dan melihat feed kamera secara real-time, tetapi juga menyediakan berbagai alat untuk editing foto dan video langsung di perangkat mobile. Fitur-fitur seperti pembuatan hyperlapse otomatis dan panorama sphere juga tersedia melalui aplikasi ini.

Perbandingan dengan Kompetitor

Meskipun DJI Phantom 4 Pro V2.0 merupakan drone yang sangat capable, penting untuk membandingkannya dengan beberapa kompetitor utama di kelasnya. Salah satu pesaing terdekat adalah Autel EVO II Pro, yang menawarkan kamera dengan sensor 1-inch serupa dan kemampuan perekaman 6K. EVO II Pro memiliki keunggulan dalam hal waktu terbang yang sedikit lebih lama dan sistem penghindaran rintangan omnidirectional, namun Phantom 4 Pro V2.0 unggul dalam hal stabilitas terbang dan ekosistem software yang lebih matang.

Kompetitor lain seperti Yuneec Typhoon H Plus menawarkan desain hexacopter yang unik dengan kamera yang dapat diputar 360 derajat. Namun, dalam hal kualitas gambar dan kemudahan penggunaan, Phantom 4 Pro V2.0 masih memiliki keunggulan. Jika dibandingkan dengan seri Mavic dari DJI sendiri, Phantom 4 Pro V2.0 menawarkan kualitas gambar yang lebih baik dan performa terbang yang lebih stabil, meskipun dengan mengorbankan portabilitas. Pilihan antara keduanya akan sangat tergantung pada prioritas pengguna antara kualitas gambar atau kemudahan dalam mobilitas.

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah mengulas berbagai aspek dari DJI Phantom 4 Pro V2.0, mari kita rangkum kelebihan dan kekurangan utama dari drone ini:

Kelebihan

  • – Kualitas gambar yang luar biasa dengan sensor 1-inch dan kemampuan merekam video 4K 60fps.
  • – Sistem penghindaran rintangan yang canggih dan efektif.
  • – Waktu terbang yang panjang (hingga 30 menit).
  • – Mode penerbangan cerdas yang beragam dan mudah digunakan.
  • – Controller dengan layar built-in yang cerah.
  • – Stabilitas terbang yang sangat baik, bahkan dalam kondisi angin kencang.
  • – Sistem transmisi OcuSync 2.0 dengan jangkauan hingga 8 km.

Kekurangan

  • – Ukuran yang relatif besar dibandingkan drone lipat, mengurangi portabilitas.
  • – Harga yang cukup tinggi, meskipun sebanding dengan fitur yang ditawarkan.
  • – Tidak ada perekaman video 8K seperti beberapa kompetitor terbaru.
  • – Bobot yang cukup berat, membutuhkan registrasi di banyak negara.

DJI Phantom 4 Pro V2.0 membuktikan dirinya sebagai salah satu drone konsumen terbaik yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan kombinasi kamera berkualitas tinggi, sistem penerbangan yang canggih, dan berbagai fitur cerdas, drone ini menawarkan paket lengkap bagi fotografer udara profesional maupun penghobi yang menginginkan kualitas terbaik. Meskipun ukurannya yang relatif besar mungkin menjadi pertimbangan bagi sebagian pengguna, kualitas gambar dan stabilitas terbang yang ditawarkan Phantom 4 Pro V2.0 sulit ditandingi oleh drone yang lebih kecil. Harganya yang premium memang cukup tinggi, namun sebanding dengan teknologi dan performa yang didapatkan.

Bagi mereka yang serius dalam fotografi dan videografi udara, DJI Phantom 4 Pro V2.0 merupakan investasi yang sangat layak. Drone ini tidak hanya mampu menghasilkan gambar dan video berkualitas profesional, tetapi juga menawarkan pengalaman terbang yang menyenangkan dan aman berkat berbagai fitur cerdas dan sistem keamanannya. Dengan mempertimbangkan semua aspek yang telah diulas, DJI Phantom 4 Pro V2.0 tetap menjadi salah satu pilihan terbaik di kelasnya, memberikan kombinasi sempurna antara kualitas gambar, performa terbang, dan fitur-fitur canggih yang dibutuhkan oleh kreator konten profesional maupun penghobi yang menginginkan hasil terbaik dalam fotografi dan videografi udara.